Ahli rekomendasikan lansia banyak konsumsi makanan berprotein

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh manusia mengalami berbagai perubahan termasuk penurunan massa otot dan kepadatan tulang. Oleh karena itu, ahli gizi merekomendasikan agar lansia banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan protein untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka.

Protein merupakan nutrisi penting yang berperan dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot dan tulang. Selain itu, protein juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh. Kekurangan protein pada lansia dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penurunan massa otot, kelemahan otot, serta risiko terkena penyakit seperti osteoporosis.

Ahli gizi menyarankan agar lansia mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, ikan, telur, susu, dan produk olahan kedelai. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Selain memperhatikan asupan protein, lansia juga perlu memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula tambahan, serta pilihlah makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, jangan lupa untuk minum air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan nutrisi lainnya, lansia dapat menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka di usia senja. Selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menjaga kesehatan!