Dokter: Anak dengan alergi susu sapi tak boleh diberi susu kambing

Anak dengan alergi susu sapi merupakan kondisi yang cukup umum terjadi pada anak-anak. Alergi susu sapi adalah reaksi tubuh terhadap protein susu sapi yang dapat menyebabkan reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, muntah, diare, atau bahkan sesak napas. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memahami kondisi ini dan menghindari pemberian susu sapi kepada anak yang alergi terhadapnya.

Salah satu alternatif yang sering digunakan oleh orangtua untuk menggantikan susu sapi adalah susu kambing. Namun, tidak semua anak yang alergi susu sapi bisa mentoleransi susu kambing. Meskipun protein dalam susu kambing berbeda dengan susu sapi, namun ada kemungkinan anak yang alergi terhadap susu sapi juga akan bereaksi terhadap susu kambing.

Dokter spesialis anak, dr. Adinda, menjelaskan bahwa tidak semua anak yang alergi susu sapi bisa mengonsumsi susu kambing. “Meskipun protein dalam susu kambing berbeda dengan susu sapi, namun anak yang alergi terhadap susu sapi bisa saja juga alergi terhadap susu kambing. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan susu kambing kepada anak yang alergi susu sapi,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Adinda menyarankan agar orangtua mencari alternatif lain seperti susu kedelai atau susu almond yang biasanya lebih mudah dicerna oleh anak-anak yang alergi susu sapi. Namun, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengganti susu sapi dengan susu alternatif lain.

Dalam mengelola alergi susu sapi pada anak, penting untuk memperhatikan label pada kemasan makanan dan minuman yang mengandung susu sapi. Pastikan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung susu sapi dan segera konsultasikan dengan dokter jika anak mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Dengan memahami kondisi alergi susu sapi pada anak dan mengikuti saran dari dokter, orangtua dapat membantu anak mengelola kondisi alerginya dengan baik. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika membutuhkan informasi lebih lanjut tentang manajemen alergi susu sapi pada anak. Semoga anak-anak yang mengalami alergi susu sapi dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan bahagia.