Dokter ungkap kriteria penderita penyakit jantung memerlukan ring

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat di Indonesia. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, merokok, dan faktor genetik. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit jantung bisa menjadi sangat berbahaya dan mengancam nyawa penderitanya.

Salah satu metode pengobatan yang sering dilakukan untuk penderita penyakit jantung adalah pemasangan ring atau stent pada pembuluh darah yang tersumbat. Ring ini berfungsi untuk membantu aliran darah yang terhambat sehingga jantung dapat berfungsi dengan baik. Namun, tidak semua penderita penyakit jantung memerlukan pemasangan ring. Dokter harus mempertimbangkan beberapa kriteria sebelum menentukan apakah penderita membutuhkan pemasangan ring atau tidak.

Menurut dr. Adi, seorang ahli kardiologi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh penderita penyakit jantung agar dapat memerlukan pemasangan ring. Pertama, penderita harus memiliki gejala yang jelas seperti nyeri dada, sesak napas, atau pusing yang disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Kedua, hasil pemeriksaan medis seperti EKG, echocardiogram, atau angiografi menunjukkan adanya penyumbatan yang signifikan pada pembuluh darah.

Selain itu, dokter juga harus mempertimbangkan faktor risiko lain seperti usia penderita, riwayat penyakit jantung dalam keluarga, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Penderita yang memiliki faktor risiko tinggi, seperti diabetes, hipertensi, atau kolesterol tinggi, biasanya lebih membutuhkan pemasangan ring daripada penderita yang tidak memiliki faktor risiko tersebut.

Dokter juga harus memastikan bahwa penderita memiliki kondisi fisik yang cukup kuat untuk menjalani prosedur pemasangan ring. Proses pemasangan ring bisa memakan waktu beberapa jam dan biasanya dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal. Setelah pemasangan ring, penderita perlu melakukan pemulihan selama beberapa hari agar tubuhnya dapat pulih sepenuhnya.

Dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria di atas, dokter dapat menentukan apakah penderita penyakit jantung memerlukan pemasangan ring atau tidak. Penderita juga perlu mematuhi anjuran dokter dan menjaga pola hidup sehat agar penyakit jantung tidak kambuh atau semakin parah. Jika memiliki gejala penyakit jantung, segera konsultasikan dengan dokter agar dapat segera ditangani dengan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.