IDAI bagikan 7 kiat orang tua cegah kekerasan seksual pada anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah memberikan 7 kiat kepada orang tua untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Kekerasan seksual merupakan salah satu bentuk kekerasan yang sangat merugikan bagi anak-anak, dan orang tua perlu melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk melindungi anak-anak dari bahaya ini.

Pertama, IDAI menyarankan orang tua untuk selalu mengajarkan kepada anak-anak mengenai batasan-batasan yang seharusnya tidak dilanggar oleh orang lain. Anak-anak perlu diajarkan bahwa tubuh mereka adalah milik mereka sendiri, dan bahwa tidak ada orang lain yang boleh menyentuh atau melakukan hal-hal yang tidak pantas terhadap tubuh mereka.

Kedua, orang tua perlu memberikan pemahaman kepada anak-anak mengenai bagaimana cara mereka bisa mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran mereka kepada orang tua. Anak-anak perlu merasa nyaman untuk berbicara mengenai segala hal kepada orang tua, termasuk jika mereka merasa telah mengalami kekerasan seksual.

Ketiga, IDAI menyarankan orang tua untuk selalu memantau aktivitas anak-anak, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak tidak terlalu banyak terpapar konten-konten yang tidak pantas di internet, dan juga perlu memastikan bahwa anak-anak tidak berhubungan dengan orang-orang yang tidak dikenal di dunia maya.

Keempat, orang tua perlu memberikan pemahaman kepada anak-anak mengenai jenis-jenis kekerasan seksual yang bisa terjadi. Anak-anak perlu tahu bahwa kekerasan seksual bisa terjadi dalam berbagai bentuk, dan bahwa mereka perlu waspada terhadap tindakan-tindakan yang mencurigakan.

Kelima, IDAI menyarankan orang tua untuk selalu mendengarkan anak-anak dengan penuh perhatian ketika mereka bercerita atau mengungkapkan perasaan mereka. Orang tua perlu memberikan dukungan dan pengertian kepada anak-anak, sehingga anak-anak merasa nyaman untuk berbicara mengenai segala hal kepada orang tua.

Keenam, orang tua perlu memberikan contoh yang baik kepada anak-anak dalam berinteraksi dengan orang lain. Orang tua perlu menunjukkan kepada anak-anak bahwa mereka bisa menghormati batasan-batasan pribadi orang lain, dan bahwa mereka juga bisa menolak tindakan yang tidak pantas dari orang lain.

Terakhir, IDAI menekankan pentingnya untuk selalu mengajak anak-anak berbicara mengenai kekerasan seksual secara terbuka dan jujur. Orang tua perlu membuka ruang diskusi yang aman bagi anak-anak untuk berbicara mengenai masalah kekerasan seksual, sehingga anak-anak merasa nyaman untuk mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran mereka.

Dengan menerapkan 7 kiat yang diberikan oleh IDAI ini, diharapkan orang tua bisa menjadi pelindung yang efektif bagi anak-anak mereka dan mencegah terjadinya kekerasan seksual pada anak. Kesejahteraan dan keselamatan anak-anak adalah tanggung jawab bersama, dan orang tua memiliki peran penting dalam melindungi anak-anak dari bahaya kekerasan seksual.