IDAI soroti pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan pernyataan mengenai pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Menurut IDAI, masih banyak anak-anak di Indonesia yang belum mendapatkan akses yang sama terhadap layanan kesehatan yang berkualitas.

Pemerataan pelayanan kesehatan anak menjadi penting karena anak-anak merupakan aset berharga bagi bangsa ini. Kondisi kesehatan anak yang baik akan membentuk generasi yang kuat dan produktif di masa depan. Namun, sayangnya masih banyak anak-anak di daerah terpencil atau di pedesaan yang kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

Untuk itu, IDAI mendorong pemerintah untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan anak di seluruh Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbanyak fasilitas kesehatan anak, meningkatkan jumlah dokter anak yang berkualifikasi, serta memberikan pelatihan kepada petugas kesehatan di daerah terpencil.

Selain itu, IDAI juga menekankan pentingnya pendidikan kesehatan kepada masyarakat mengenai pentingnya perawatan kesehatan anak sejak dini. Dengan demikian, diharapkan orangtua dan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan anak dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat. Dengan upaya yang bersinergi, diharapkan semua anak di Indonesia dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama baiknya, tanpa terkecuali. Semoga dengan adanya perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, kondisi kesehatan anak di Indonesia dapat terus meningkat dan generasi masa depan bangsa ini dapat tumbuh dengan sehat dan kuat.