Kemenparekraf kenalkan program pembiayaan berbasis IP kepada kreator

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia telah memperkenalkan program pembiayaan berbasis IP kepada para kreator di Indonesia. Program ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di tanah air dan memberikan akses pembiayaan yang lebih mudah bagi para pelaku industri kreatif.

Pembiayaan berbasis IP adalah sebuah program yang memanfaatkan hak kekayaan intelektual (IP) sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan. Hal ini memungkinkan para kreator untuk mendapatkan akses pembiayaan yang lebih mudah dan cepat tanpa harus menyediakan jaminan fisik seperti tanah atau bangunan.

Dengan adanya program ini, diharapkan para kreator di Indonesia dapat lebih mudah mengembangkan usaha dan karya-karya kreatifnya tanpa terkendala masalah finansial. Selain itu, program pembiayaan berbasis IP juga dapat menjadi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

Kemenparekraf telah bekerja sama dengan berbagai lembaga keuangan dan perusahaan fintech untuk menyediakan pembiayaan berbasis IP bagi para kreator. Para kreator yang ingin mengajukan pembiayaan hanya perlu mengajukan proposal yang memuat informasi mengenai hak kekayaan intelektual yang dimilikinya.

Melalui program ini, diharapkan para kreator di Indonesia dapat lebih terbuka terhadap peluang-peluang pembiayaan dan dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan usaha dan karya-karya kreatifnya. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian negara.