Ketahui apa itu bibir sumbing dan lelangit serta cara pengobatannya

Bibir sumbing dan lelangit adalah dua kondisi yang seringkali ditemukan pada bayi yang baru lahir. Bibir sumbing merupakan kondisi dimana bibir atas bayi tidak terbentuk sempurna, sehingga terdapat celah atau retakan di bibir atas. Sedangkan lelangit adalah kondisi dimana bagian atap mulut atau langit-langit bayi tidak terbentuk dengan baik, sehingga terdapat celah atau retakan di bagian tersebut.

Kedua kondisi ini disebabkan oleh gangguan perkembangan pada janin selama dalam kandungan. Faktor genetik, lingkungan, dan kekurangan nutrisi dapat menjadi penyebab terjadinya bibir sumbing dan lelangit pada bayi.

Pengobatan bibir sumbing dan lelangit biasanya dilakukan melalui operasi. Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki struktur bibir dan lelangit yang tidak terbentuk dengan baik. Biasanya operasi dilakukan ketika bayi berusia sekitar 3-6 bulan, namun bisa juga dilakukan pada usia yang lebih tua.

Selain operasi, terapi logopedi juga dapat membantu memperbaiki kemampuan bicara dan menelan pada anak yang mengalami bibir sumbing dan lelangit. Terapi ini dilakukan oleh ahli terapi wicara yang akan membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara dan menelan dengan baik.

Penting bagi orang tua untuk segera mengonsultasikan kondisi bibir sumbing dan lelangit pada bayi ke dokter spesialis anak atau dokter bedah plastik. Dengan penanganan yang tepat dan cepat, kondisi bibir sumbing dan lelangit pada bayi dapat diatasi dengan baik dan anak dapat tumbuh dengan sehat dan normal seperti anak-anak lainnya.