Kiat beri obat TBC pada anak, berikan saat perut kosong

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui cara memberikan obat TBC pada anak dengan benar.

Salah satu kiat yang perlu diperhatikan saat memberikan obat TBC pada anak adalah memberikannya saat perut kosong. Hal ini dikarenakan obat TBC harus diminum dengan benar agar dapat bekerja efektif dalam membunuh bakteri penyebab penyakit. Jika obat TBC diberikan saat perut penuh, kemungkinan efektivitas obat tersebut akan berkurang karena dicerna bersama makanan.

Untuk itu, sebaiknya memberikan obat TBC pada anak pada pagi hari sebelum sarapan atau malam hari sebelum makan malam. Pastikan anak tidak makan atau minum apa pun setidaknya satu jam sebelum dan setelah mengonsumsi obat TBC. Hal ini akan membantu obat TBC diserap dengan baik oleh tubuh dan bekerja secara maksimal dalam mengobati infeksi TBC.

Selain itu, penting juga untuk memastikan anak mengonsumsi obat TBC sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Jangan memberikan dosis lebih atau kurang dari yang dianjurkan karena hal ini dapat mempengaruhi efektivitas pengobatan dan meningkatkan risiko resistensi obat.

Terakhir, pastikan anak rutin memeriksakan diri ke dokter untuk memantau perkembangan penyakit TBC dan menyesuaikan dosis obat jika diperlukan. Dengan memberikan obat TBC pada anak secara tepat dan teratur, diharapkan penyakit TBC dapat segera diobati dan anak dapat pulih sepenuhnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para orangtua dalam memberikan obat TBC pada anak.