Kiat makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak

Steak merupakan salah satu hidangan yang sangat disukai oleh banyak orang. Namun, makan steak terlalu sering dapat membuat tubuh kita terpenuhi lemak jenuh dan kolesterol tinggi yang tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih cara makan steak yang sehat dan rendah lemak agar tetap dapat menikmati hidangan ini tanpa khawatir akan dampak buruknya bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa kiat makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak:

1. Pilih daging yang rendah lemak
Saat memesan steak, pastikan untuk memilih jenis daging yang rendah lemak seperti sirloin, tenderloin, atau eye fillet. Hindari daging yang memiliki banyak lemak marmer atau lemak di sekitar pinggiran daging, karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam hidangan.

2. Hindari saus berlemak
Saus adalah tambahan yang seringkali membuat steak terasa lebih lezat, namun banyak saus steak mengandung banyak lemak dan kalori. Sebaiknya hindari saus-saus berlemak seperti saus krim, saus mentega, atau saus berbasis minyak. Anda dapat memilih saus tomat atau saus rempah-rempah yang lebih rendah lemak sebagai alternatif.

3. Pilih cara memasak yang sehat
Cara memasak steak juga berpengaruh pada kadar lemak dalam hidangan. Hindari menggoreng steak dalam minyak banyak atau mentega. Lebih baik panggang atau grill steak tanpa menggunakan minyak tambahan untuk mengurangi kadar lemak dan kalori dalam hidangan.

4. Sertakan sayuran atau salad segar
Untuk menyeimbangkan konsumsi protein dan lemak dalam steak, pastikan untuk menyertakan sayuran atau salad segar sebagai sajian pendamping. Sayuran hijau, tomat, paprika, atau brokoli dapat memberikan serat dan nutrisi tambahan untuk tubuh Anda.

5. Batasi konsumsi daging merah
Meskipun steak enak dan menggugah selera, sebaiknya batasi konsumsi daging merah untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kronis. Anda dapat menggantinya dengan sumber protein lain seperti ikan, ayam, atau tahu untuk variasi menu yang lebih sehat.

Dengan mengikuti kiat makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak di atas, Anda dapat menikmati hidangan steak tanpa perlu khawatir akan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Selalu ingat untuk mengonsumsi secara seimbang dan tetap berolahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selamat menikmati steak sehat!