Soda kue dan baking powder, apa bedanya?

Soda kue dan baking powder adalah dua bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang mirip, namun sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya.

Soda kue, atau yang sering disebut dengan baking soda, adalah bahan yang bersifat basa dan digunakan sebagai agen pengembang dalam adonan kue. Soda kue bekerja dengan cara menghasilkan gas karbon dioksida ketika bereaksi dengan bahan asam, seperti cuka atau yogurt. Gas ini akan membuat adonan kue mengembang dan menghasilkan tekstur yang lebih ringan. Namun, soda kue hanya efektif jika digunakan bersamaan dengan bahan asam, jika tidak maka kue akan memiliki rasa yang pahit.

Di sisi lain, baking powder adalah campuran dari soda kue dan bahan asam lainnya, seperti krim tartar atau asam sitrat. Baking powder sudah mengandung bahan asam sehingga tidak memerlukan adanya bahan asam tambahan untuk mengaktifkannya. Baking powder juga dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu baking powder tunggal dan double-acting. Baking powder tunggal akan memberikan reaksi pengembangan sekali saja saat terkena panas, sedangkan baking powder double-acting akan memberikan reaksi pengembangan dua kali, pertama saat terkena cairan dan kedua saat terkena panas.

Dengan perbedaan tersebut, penggunaan soda kue dan baking powder dalam pembuatan kue dan roti akan memberikan hasil yang berbeda pula. Jadi, penting bagi kita untuk memahami perbedaan antara kedua bahan tersebut agar dapat menghasilkan kue yang lezat dan tekstur yang sempurna.