Survei: Berlibur ke luar kota lebih diminati ketimbang “staycation”

Survei: Berlibur ke luar kota lebih diminati ketimbang “staycation”

Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh sebuah lembaga riset pariwisata, ternyata berlibur ke luar kota lebih diminati oleh masyarakat Indonesia daripada “staycation”. Staycation sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menghabiskan liburan di dalam kota tanpa perlu bepergian jauh.

Survei tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 70% responden lebih memilih untuk berlibur ke luar kota daripada tinggal di dalam kota. Alasan utama yang menjadi faktor penentu adalah untuk mendapatkan pengalaman baru dan mengeksplor tempat-tempat wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Selain itu, berlibur ke luar kota juga dianggap sebagai cara yang lebih efektif untuk menghilangkan stres dan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Dengan berlibur ke tempat yang baru, masyarakat merasa dapat mengisi waktu liburan mereka dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat.

Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa ada juga sebagian masyarakat yang tetap memilih untuk melakukan “staycation”. Alasan utama yang mereka sebutkan adalah untuk menghemat biaya dan waktu perjalanan. Selain itu, dengan tinggal di dalam kota, mereka juga dapat menikmati berbagai fasilitas dan tempat wisata yang ada di sekitar mereka tanpa perlu bepergian jauh.

Meskipun begitu, survei ini menunjukkan bahwa minat masyarakat Indonesia lebih condong pada berlibur ke luar kota. Hal ini tentu menjadi peluang bagi para pelaku industri pariwisata untuk terus mengembangkan dan memperluas destinasi wisata di luar kota yang menarik dan menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda.

Dengan demikian, diharapkan minat masyarakat untuk berlibur ke luar kota dapat terus meningkat sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Indonesia. Semoga dengan adanya berbagai pilihan destinasi wisata yang menarik, masyarakat dapat menikmati liburan mereka dengan lebih menyenangkan dan berkesan.